Kembali
lagi bersama situs Materi Pembelajaran
SMP/MTs. Hari ini kami ngeshare lagi materi IPS Kelas 7, Semester 1 BAB III,
tentang Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi
Kebutuhan. Pada posting sebelumnya telah kami share ringkasan materi topik pertama dan kedua yakni
tentang Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia dan Kegiatan Ekonomi. Kali ini akan
kami share lagi ringkasan materi topik ketiga yakni tentang Permintaan, Penawaran, Pasar dan Harga.
O T W….
Pengertian
Permintaan, Penawaran, Pasar dan Harga
1.
Permintaan
Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan
berbagai tingkat harga tertentu disebut dengan permintaan. Faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan antara lain :
a) Harga Barang
Jika haraga barang naik maka jumlah barang yang diminta
berkurang dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang
diminta bertambah banyak.
b) Pendapatan Masyarakat
Jika pendapatan rata-rata setiap orang naik maka akan
mempengaruhi jumlah barang yang diminta bertambah. Sebaliknya apabila
pendapatan turun atau tidak memiliki pendapatan maka akan sangat mempengaruhi
berkurangnya jumlah barang yang diminta.
c) Selera Masyarakat
Apabila orang tersebut sangat menyukai suatu barang,
walaupun harga barang tersebut mahal maka pembeli tidak menghiraukan adanya
kenaikan harga. Apabila selera masyarakat terhadap barang tersebut rendah maka
permintaan barang tersebut juga rendah.
d) Kualitas Barang
Jika kualitas barang
bagus dan harga barang tersebut lebih mahal sedikit dari barang lain yang sama, maka masyarakat
lebih memilih membeli barang tersebut. Sebaliknya jika kualitas barang jelek
maka permintaan terhadap barang akan berkurang.
e) Harga Barang Lain
Banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta biasanya
dipengaruhi juga oleh harga barang lain.
f) Jumlah Penduduk
Jumlah anggota kelaurga akan sangat mempengaruhi jumlah
permintaan. Begitu juga dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu negara maka
akan sangat mempengaruhi permintaan terhadap barang.
g) Ramalan Masa Depan
Pada saat krisis ekonomi, harga barang cenderung
berubah-rubah bahkan cenderung naik. Masyarakat akan menambah permintaan
terhadap barang kalau diperkirakan harga barang tersebut di masa yang akan
datang akan naik.
Hubungan
antara berbagai harga dengan jumlah barang yang diminta dapat digambarkan dalam
suatu grafik yang disebut dengan kurva permintaan. Kurva permintaan adalah
grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau
jasa dengan harga dalam berbagai kondisi.
Permintaan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu
:
1. Permintaan menurut daya beli konsumen terdiri
atas:
-
Permintaan efektif yaitu permintaan
yang didukung dengan kemampuan daya beli. Artinya permintaan ini berasal dari
konsumen yang betulbetul memiliki kemampuan untuk membeli barang dan melakukan
transaksi.
-
Permintaan potensial yaitu permintaan yang didukung dengan kemampuan daya
beli, tetapi belum melakukan transaksi. Artinya permintaan ini masih berupa
keinginan untuk membeli dan belum melaksanakan transaksi.
2. Permintaan menurut jumlah konsumen antara lain:
-
Permintaan individual yaitu permintaan dari masing-masing orang terhadap suatu
barang. Permintaan ini tergantung dari kemampuan masing-masing orang.
-
Permintaan pasar yaitu permintaan yang dilakukan oleh masyarakat pada
umumnya. Permintaan ini dapat dihitung dengan menjumlahkan permintaan
masing-masing orang atau individu.
2.
Penawaran
Penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai
barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi penawaran
hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat
harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan
penawaran, antara lain sebagai berikut.
a) Biaya Produksi
Bila biaya produksi tinggi maka produsen akan mengurangi
jumlah produksi barang dan akibatnya penawaran berkurang. Sebaliknya jika biaya
produksi murah maka akan semakin banyak barang hasil produksi dan penawaran
akan bertambah.
b) Teknologi
Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi
barang maka kualitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah dan ini
berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.
c) Harapan Akan Mendapatkan Laba
Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang
banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya, serta memperluas
dan mengambangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar.
d) Faktor-Faktor Nonekonomi
Faktor nonekonomi seperti, bencana alam, larangan impor,
dan kebijakan pemerintah, akan sangat berpengaruh pada penawaran.
Hubungan
antara harga dengan penawaran dapat dilihat dari bunyi hukum penawaran “Jika harga barang ditawarkan naik, maka jumlah
barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang
turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang.”Antara harga
dengan penawaran terdapat suatu hubungan lurus dimana harga berbanding lurus
dengan penawaran.
Kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
3.
Pasar
Dalam pengertian yang paling sederhana, pasar merupakan
tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli. Pengertian pasar secara luas merupakan sarana bertemunya
penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan
jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli untuk
mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Fungsi pasar yaitu:
a) Fungsi Distribusi Fungsi distribusi pasar dimaksudkan
untuk memperlancar distribusi barang dari produsen ke konsumen.
b) Fungsi Pembentuk Harga Fungsi pembentuk harga, pasar
mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
c) Fungsi Promosi Promosi artinya memperkenalkan hasil
produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus
memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat.
Pasar banyak macamnya dan pada dasarnya pasar dapat
dibedakan menurut beberapa kriteria, antara lain sebagai berikut.
a) Menurut Wujudnya
-
Pasar
konkrit adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya, seperti
penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu.
-
Pasar
abstrak, yaitu pasar yang antara penjual dan pembeli dan barang yang
diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar akan tetapi
transaksi dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang yang diperjualbelikan
sudah diketahui betul oleh pembeli.
b) Menurut Jenis Barang yang Diperdagangkan
-
Pasar
barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barangbarang keperluan sehari-hari.
-
Pasar
barang produksi, yaitu pasar yang menyediakan keperluan faktor-faktor produksi.
c) Menurut Luas Jaringan Distribusi
-
Pasar
setempat, yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di wilayah sekitar dan
melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah tersebut.
-
Pasar
nasional, yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah suatu negara.
-
Pasar
regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara yang
berada dalam suatu kawasan.
-
Pasar
international yaitu pasar yang menyediakan komoditas barang dagangan untuk
rakyat seluruh dunia.
d) Menurut Waktu Penyelenggaraan
-
Pasar
harian,yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan menjual
barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari.
-
Pasar
mingguan yaitu pasar yang yang dilaksakan seminggu sekali.
-
Pasar
bulanan yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali.
-
Pasar
tahunan yaitu pasar yang diadakan setahun sekali.
e) Menurut Organisasi/Strukturnya
-
Pasar
persaingan sempurna, yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat penjual dan
pembeli yang sama-sama telah mengetahui siatuasi pasar. Barang yang
diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli tidak bebas menentukan
harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar.
-
Pasar
persaingan tidak sempurna, yaitu pasar penjual dan pembeli memiliki kebebasan
dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan.
4.
Harga
Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan
dengan uang. Dalam ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga
yang disepakati pihak penjual dan pembeli, dan pada harga ini barang yang
diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut
juga sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut ada keseimbangan
antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta seimbang.
Hay
teman-teman, demikian ringkasan materi Pengertian Permintaan,
Penawaran, Pasar dan
Harga. Semoga posting ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa
lagi diposting selanjutnya.
Sumber:
Iwan
S dkk. 2016.Ilmu Pengetahuan Sosial
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang,
Kemdikbud
0 comments:
Posting Komentar
Komentar teman-teman semua sangat berarti buat Blog ini.